Test Footer

Motivasi Menulis
Diberdayakan oleh Blogger.

kk fariz

kk fariz
kk fariz

Test Footer 2

Blogger templates

Hosting Unlimited Indonesia

Recent Post

Sakit Hati “Sakit Semua”


                                                  

Benar kata pedangdut Meggy.Z "Lebih baik sakit GIGI daripada Sakit hati", ternyata penyakit hati berdampak luas terhadap Bagian-bagian tubuh yang lain.


Anda, saya, bahkan kita semua tentu sudah pernah bahkan sering mengalami yang namanya Patah Hati, dan ternyata setelah dikaji lebih dalam, sumber segala penyakit adalah terletak di hati, dimana Saat Patah Hati, maka Bagian Tubuh yang lain juga Ikut Merasakan sakitnya, bagian-bagian tubuh yang kecipratan sakitnya diantaranya



1. Sistem hormonal
2. Otak
3. Perut
4. Sistem imun
5. Kulit
6. Rambut

memang benar adanya jika dalam keadaan patah hati/sakit hati, bagian-bagian tersebut akan menanggung akibatnya. Dalam hal tersebut jauh sebelum perdaban modern seperti sekarang ini . Rasulullah bersabda :

"Ketahuilah bahwa di dalam tubuh terdapat segumpal darah, apabila ia baik maka seluruh tubuh akan baik, dan apabila rusak maka seluruh tubuh akan rusak. Ketahuilah ia adalah hati." (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Hati adalah muara dari segala gerak-gerik dan langkah manusia, Hati juga yang membawa arah tujuan manusia, jika hati bersih maka segala pola tingkah-laku kita akan bersih, sebaliknya jika hati kita kotor, maka semua gerak dan prilaku kita akan kotor.

Hal yang menekankan pentingnya memperhatikan hati adalah bahwa Tuhan menjadikan hati -sesuai hikmah dan ilmuNya- sebagai tempat bagi cahaya dan petunjukNya. Hati adalah tempat ilmu pengetahuan. Melalui hati, manusia dapat mengenal Rabbnya. Dengan hati, manusia mengenal nama-nama Tuhan dan sifat-sifat-Nya. Dengan hati, pulalah manusia dapat menerapakan sifat-sifat Tuhan dalam kehidupan sehari-hari


"Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mem-punyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempu-nyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada." (Al-Hajj: 46).

"Sungguh, hati anak Adam itu sangat (mudah) berbolak-balik dari-pada bejana apabila ia telah penuh dalam keadaan mendidih." (HR. Ahmad).

Jadi, iman seseorang tidak akan lurus dan tidak akan baik kecuali jika hatinya lurus dan baik. Maka dari itulah, Allah Yang Maha Mengetahui menggarisbawahi bahwa keselamatan di hari kiamat kelak sangat tergantung kepada keselamatan, kebersihan, dan kebaikan hati.

"Pada hari di mana harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, ke-cuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih." (Asy-Syu'ara`: 88-89).


Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa,


"Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku berpegang teguh pada agamaMu." (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

mudah-mudahan kita dijauhkan dari penyakit hati yang satu ini. Sebab Hati adalah sumber dari segala penyakit. Wallahualambishawab.




Referensi dan pustaka :


health.Detik.com

Back To Top